Tips Merawat Pintu Kamar Mandi Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Tips merawat pintu kamar mandi agar lebih awet bisa dengan berbagai cara, tergantung material pintu itu sendiri. Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang lembab, sehingga tidak heran bila menjadi tempat berkembangnya jamur. Selain bak mandi dan toilet, pintu kamar mandi bisa menjadi bagian yang rawan rusak akibat jamur. Apalagi bila kamar mandi berukuran kecil dan pintunya sering terkena cipratan air.
Tips Merawat Pintu Kamar Mandi

Oleh sebab itu, bagian kamar mandi yang terkadang diabaikan tersebut perlu dirawat dengan baik supaya tidak mudah lapuk atau berkarat.

Material Pintu Kamar Mandi

Umumnya, terdapat tiga material yang digunakan untuk membuat pintu kamar mandi, yaitu kayu, aluminium dan vynil. Berikut masing-masing rinciannya:

  1. Pintu kayu. Pintu kamar mandi berbahan kayu umumnya lebih rentan terkena siraman air, sehingga menyebabkannya lembab lalu lapuk dan hancur. Maka dari itu, pintu kamar mandi kurang cocok dipasang di kamar mandi yang berukuran kecil. Apabila ingin menggunakan pintu kayu, sebaiknya pasang di area yang jauh dari siraman air dan sering-seringlah merawat pintu kamar mandi tersebut.
  2. Pintu aluminium. Keunggulan aluminium sebagai material pintu kamar mandi ialah tahan air dan korosi sehingga lebih mudah merawat pintu kamar mandi tersebut. Akan tetapi, mengingat sifatnya yang rentan tergores dan penyok/ringkih membuat aluminium bukan pilihan terbaik untuk pintu kamar mandi. Apalagi bila digunakan dalam jangka waktu lama, pintu kamar mandi aluminium akan menimbulkan suara yang cukup nyaring. Selain itu, presisi pintunya mudah berubah akibat rifet atau engsel yang kendur, untuk memperbaiki engsel pintu yang rusak selengkapnya di artikel berikut ini  (Klik Disini)
  3. Pintu vynil. Material pintu kamar mandi yang mirip PVC atau plastik ini memiliki sifat tahan air, anti-korosi, tidak menimbulkan suara yang berisik dan nilai artistiknya lebih baik dari aluminium dan cara merawat pintu kamar mandi tersebut juga lebih mudah.

Tips Merawat Pintu Kamar Mandi Agar Lebih Awet

Penyebab utama kerusakan pada pintu kamar mandi adalah cipratan air. Oleh sebab itu, untuk merawat pintu kamar mandi Anda bisa menggunakan lapisan aluminium yang dipasang di bagian bawah pintu kamar mandi, mengingat bagian tersebut paling sering terkena air. Bahan dan caranya sebagai berikut:

  • Bahan:
  1. Satu lembar lapisan alumunium
  2. Tang Rifet
  3. Paku Rifet
  4. Gunting
  5. Palu
  6. Bor listrik
  • Cara Memasang:
  1. Guntinglah lapisan aluminium selebar sisi luar dan tebal pintu.
  2. Lepas daun pintu kamar mandi dan letakkan lapisan aluminium tersebut di permukaan sisi luarnya. Pastikan menempel dengan baik, jangan lupa merapatkan bagian tepinya dengan palu.
  3. Gunakan bor listrik untuk membuat lubang paku. Lalu masukkan paku Rifet dengan tang.

Bahan lain yang bisa digunakan adalah fiber dan akrilik. Selain itu, jika pintu sudah lapuk, Anda bisa mengganti daun pintu dan kusennya.

Tips merawat pintu kamar mandi agar lebih awet lainnya bisa dengan:

  1. Pintu vinyl 

    Bahan: detergen, sabun krim, spoons, sarung tangan, lap kuas dan seliter air.Cara: Campur detergen dengan air hingga berbusa. Masukkan spons dan usapkan secara menyeluruh pada permukaan pintu. Bilas dengan spons dan air bersih, lalu lap sampai kering.

  1. Pintu aluminium 

    Bahan: kuas, krim tartar dan seliter air mendidih.Cara: Campur 2 sendok krim tartar dengan air mendidih, kemudian ratakan ke pintu aluminium menggunakan kuas. Lap hingga bersih.

Salah satu cara untuk menghindari kerusakan pintu kamar mandi adalah dengan pintar-pintar memilih materialnya. Selain itu, usahakan untuk selalu menerapkan tips Merawat Pintu Kamar Mandi agar lebih awet.

Leave a Reply