Kelebihan dan Kelemahan Pintu Rumah Kayu Yang Harus Anda Ketahui

Kayu adalah bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat pintu atau perabotan rumah yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menjadi bahan yang paling diminati untuk dijadikan perabotan rumah seperti pintu beberapa benda lain namun pintu rumah kayu juga memiliki kelemahan dan kelebihan yang perlu untuk diketahui.

Pintu Rumah Kayu

Agar lebih jelas lagi, simak penjelasan terkait dengan kelemahan dan kelebihan pintu rumah kayu.

Kelemahan Pintu Rumah Kayu

Ketika memutuskan untuk menggunakan furniture bahan kayu, salah satu kesulitan terbesarnya adalah menemukan bahan kayu yang memiliki kualitas bagus. Ada tujuh kelemahan pintu rumah kayu yang meski diprediksi bagi Anda yang menjadi pecinta tema klasik.

  1. Kayu memiliki diameter yang terbatas sehingga sulit tidak digunakan menutup secara keseluruhan. Untuk ukuran pintu terbuat dari hana kayu yang lumayan besarpun sering ditemukan sambungan guna mendapatkan luas yang sesuai.
  2. Sifat kayu yang menjadi makanan utama serangga membuatnya mudah diserang serangga. Bahkan, beberapa jenis kayu mudah dimakan oleh rayap. Namun ada beberapa jenis pintu rumah kayu yang tahan terhadap serangga meski begitu harganya juga cukup mahal.
  3. Pintu rumah kayu umumnya sangat sensitif terhadap kelembapan, jadi tidak akan cocok jika di gunakan untuk pintu kamar mandi.
  4. Jika dibandingkan dengan furniture yang terbuat dari besi atau kaca, kayu tidak begitu tahan api alias mudah terbakar
  5. Kayu harus dilapisi dengan lapisan seperti furnishing agar kian awet
  6. Pintu rumah kayu berkualitas jelek biasanya bentuknya bisa berubah-ubah karena rentannya dengan cuaca, bisa memuai atau menyusut.
  7. Budgetnya lebih mahal dalam proses pembuatan, pemasangan dan perawatan yang akan dilakukan

Kelebihan Pintu Rumah Kayu

Furniture dengan bahan kayu tersedia dengan berbagai macam bentuk dan variasi sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Memang banyak kelemahan menggunakan pintu rumah kayu, meski begitu kayu mudah untuk diukir dan didisain. Selain itu ada beberapa kelebihan pintu rumah bahan kayu yang juga perlu diketahui.

  1. Sangat mudah diketahui cacatnya karena anda bisa melihat dengan kasat mata
  2. Pintu rumah berbahan kayu berkualitas tinggi akan tahan benturan dan tekanan
  3. Anda bisa menggunakannya untuk pembuatan furniture lain bila sudah tidak digunakan.
  4. Bisa diterapkan pada model rumah dengan gaya apapun
  5. Memiliki tampilan natural atau klasik yang menyejukkan dan menentramkan
  6. Desainnya bisa disesuaikan dengan keinginan anda misalnya dapat membuat tampilan rumah anda menjadi lebih alami bila ditambah ukiran

Itulah ulasan terkait dengan kelemahan dan kelebihan pintu rumah  kayu. Dengan pedoman diatas, Anda menjadikannya sebagai perbandingan untuk memilih jenis pintu yang tepat pada rumah Anda. Jika Anda ingin memilih pintu rumah berbahan kayu sebaiknya Anda simak tips berikut ini terlebih dahulu (Baca Disini)

Baca Juga : Tips Merawat Pintu Kamar Mandi Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Meski kayu adalah bahan yang biasa digunakan dan biasa anda temui dilingkungan, Anda harus tetap mengetahui kelemahan dan kelebihan pintu rumah kayu agar anda bisa mengatasi kelemahannya untuk waktu yang akan datang.

Leave a Reply