Cara Jitu Mendesain Kamar Mandi Sempit Anda Agar Terkesan Luas

Kamar mandi tentunya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah rumah, bahkan menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Begitu pentingnya kamar mandi sampai ada ungkapan bahwa kamar mandi mencerminkan pemilik rumahnya. Saat ini banyak rumah maupun apartemen minimalis di perkotaan dengan kamar mandi yang juga berukuran minimalis alias sempit. Tak jarang banyak pemilik rumah yang menginginkan kamar mandi minimalisnya tampak lebih luas. Lalu bagaimanakah cara mendesain kamar mandi sempit agar terkesan luas?

Mendesain Kamar Mandi Sempit

Trik Mendesain Kamar Mandi yang Sempit Agar Terkesan Lebih Luas

                Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda terapkan dalam mendesain kamar mandi yang sempit agar terkesan lebih luas. Diantaranya :

  1. Warna cerah, polos dan lembut
    Cara mendesain kamar mandi sempit agar terkesan luas, salah satunya ialah dengan memilih warna yang cerah seperti putih, biru muda atau warna lain yang tampak cerah namun lembut dan motif polos, terapkan mulai dari lantai, dinding hingga langit-langit kamar mandi. Kamar mandi yang didominasi dengan warna gelap akan mengundang kesan sesak dan semakin sempit.
  1. Atur perabot kamar mandi dengan tepat
    Cara mendesain kamar mandi sempit agar terkesan luas, dengan mengatur perabotan kamar mandi seperti wastafel, shower, WC, gantungan handuk, rak dinding dan lainnya supaya menempel pada salah satu sisi dinding. Dengan demikian akan membuat area tengah kamar mandi terlihat lebih lapang.
  1. Pasang cermin berukuran besar
    Trik yang satu ini biasa digunakan untuk mendesain berbagai ruangan sempit termasuk sebagai cara mendesain kamar mandi sempit agar terkesan luas. Pasanglah cermin berukuran besar yang hampir sebesar ukuran salah satu sisi dinding kamar mandi. Berikan jeda cermin dari lantai sekitar 30-40 cm, begitu pula jeda cermin dari langit-langit sekitar 30-60 cm. Dengan demikian, luas kamar mandi akan tampak 2x lipat. Namun jika Anda masih binggung memilih cermin yang cocok sebaiknya simak terlebih dahulu artikel dari kompas.com berikut ini (Baca Disini)
  1. Pencahayaan yang cukup terang dengan warna putih
    Kamar mandi yang sempit sebaiknya menggunakan lampu putih yang memberikan pencahayaan cukup terang. Sebaiknya hindari lampu dengan pencahayaan berwarna kekuningan, terlebih lagi redup. Lampu putih yang cukup terang akan memberikan kesan lega dan lebih luas.
  1. Ornamen kamar mandi berwarna cerah
    Apabila menginginkan kamar mandi dengan desain lebih artistic, meskipun sempit tetap dapat disiasati. Cara mendesain kamar mandi sempit agar lebih artistic dan terkesan luas yakni dengan menghindari ornamen kamar mandi berwarna gelap. Ornamen kamar mandi yang dapat dipasang di dinding seperti mozaik, susunan batu alam, susunan potongan kayu atau Anda juga bisa memilih pintu kamar mandi aluminium yang memiliki motiv dan warna yang menarik.
  1. Perabot kamar mandi yang tidak terlalu besar
    Perabot kamar mandi seperti wastafel atau bak mandi pilihlah yang tidak berukuran besar. Jika perlu tidak usah menggunakan bak mandi karena memakan tempat, cukup gunakan shower head dan kran atau shower midi. Wastafel pun dapat diletakkan di luar kamar mandi namun tetap berdekatan.

Cara mendesain kamar mandi sempit agar lebih artistic dan terkesan luas sebenarnya tidak terlalu sulit. Enam cara di atas dapat diterapkan, baik di kamar mandi rumah maupun kamar mandi apartemen berukuran sempit.

Leave a Reply