Ini Dia, Berbagai Jenis Batu Bata Yang Perlu Kita Tau Perbedaan nya

Jenis batu bata dan perbedaannya perlu Anda ketahui agar rumah yang akan Anda bangun sesuai dengan keinginan. Tidak bisa dipungkiri, batu bata menjadi bahan pokok dalam membangun rumah.

Jenis Batu Bata

Dengan mengetahui jenis-jenis batu bata sekaligus perbedaannya, maka Anda dapat dengan mudah memilih batu bata yang cocok untuk desain rumah Anda. Pada dasarnya, ada tiga jenis batu bata yang ada saat ini, yaitu bata merah, batako, dan bata ringan. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. Nah, sebagai panduan, berikut ini kelemahan dan kelebihan dari setiap jenis batu bata tersebut.

  1. Bata Merah

Jenis Batu Bata Merah

Batu bata ini terbuat dari tanah agak liat yang dicetak, lalu dibakar dengan suhu sangat tinggi agar kering, keras, dan berwarna merah. Dibandingkan batu bata jenis lain, bata merah sangat kuat, kokoh, dan tahan lama. Plusnya lagi, rumah yang terbuat dari bata merah terasa adem, tidak mudah retak, dan tahan terhadap api. Tidak hanya itu, ukurannya yang kecil memudahkan untuk membuat bidang kecil, tidak membutuhkan perekat khusus, dan yang menggembirakan harganya cukup murah. Tak heran banyak orang yang lebih senang memilih jenis batu bata ini dibandingkan jenis lain. Sayangnya, karena dibuat secara manual, ukurannya tidak sama. Akibatnya, saat pemasangan pun menjadi tidak rapi. Anda perlu menambahkan plesteran cukup tebal agar dinding menjadi rata. Selain itu, bata merah cukup berat sehingga membebani struktur yang ada di bawahnya. Waktu pemasangan pun lebih lama.

  1. Batako

Jenis Batu Bata Batako

Batako merupakan jenis batu bata yang dibuat dari campuran beberapa bahan dasar yang berbeda, kemudian dicetak dan dipress. Ada orang yang membuat batako dari campuran semen dan pasir kasar, ada yang dari campuran batu tras, kapur, dan air. Karena perbedaan bahan dasar tersebut, membuat kekuatan dari batako menjadi rendah. Biasanya, dinding yang terbuat dari batako mudah mengalami retakan. Namun begitu, Anda akan lebih mudah memasangnya dengan rapi karena bentuknya sama. Plusnya lagi, batako ini kedap air sehingga tidak mudah ada air yang merembes.

  1. Bata Ringan (Hebel)

Jenis Batu Bata RinganJenis batu bata ini lebih modern lagi karena dibuat dengan menggunakan mesin pabrik. Kelebihan dari bata ringan adalah cukup ringan, halus, dan rata. Batu bata ini memang sengaja dibuat agar konstruksi yang ada di bawahnya tidak terbebani dan pemasangan lebih cepat. Sayangnya, jenis batu bata ini cukup mahal dan susah diperoleh. Biasanya, hanya toko-toko material yang sudah besar yang menyediakannya. Tidak hanya itu, ukurannya yang besar membuat banyak sisa jika diterapkan pada luasan kecil. Selain itu, jika di gunakan di kamar mandi atau terkena air, akan sulit untuk keringnya, dan tidak cocok jika di kobinasikan dengan barang-barang yang ada di kamar mandi seperti : pondasi kloset, pondasi pintu kamar mandi, atau di jadikan bak mandi.

Baca JugaHal Yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Rumah Minimalis

Itulah beberapa jenis batu bata dan kelebihannya. Lalu, batu bata apa yang cocok dengan karakteristik rumah yang akan Anda bangun? saja Anda memilihnya. Yang pasti, semakin bagus kualitas batu bata yang Anda gunakan, semakin kokoh rumah yang Anda bangun. Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam menentukan jenis batu bata yang Anda pilih. berikut cara memilih batu bata yang bagus (Klik Disini)

Leave a Reply