Macam-Macam Plafon Untuk Rumah Yang Perlu Anda Ketahui

Plafon merupakan bagian dari atap rumah yang memiliki banyak fungsi bagi rumah Anda. Selain dianggap sebagai bagian dari langit-langit rumah, plafon rumah juga bisa menjaga agar kondisi suhu di dalam ruangan tidak terlalu panas serta melindungi ruangan agar terhindar dari rembesan air yang akan masuk ke dalam rumah. Selain itu plafon juga dapat menambah keindahan ruangan sehingga tampak lebih rapi dan mewah dan juga memiliki macam-macam plafon yang berbeda-beda tergantung jenis bahannya.

Macam-Macam Plafon Rumah

Saat ini semakin banyak model plafon yang ditawarkan di pasaran untuk menambah keindahan rumah. Meskipun pada dasarnya model plafon cenderung polos dan ditambahkan dengan hiasan lis di bangian pinggirnya. Selain itu berbagai macam plafon dengan menawarkan kelebihan dan kekuragannya masing-masing.

Macam-Macam Plafon

Berikut ini akan dijelaskan macam-macam plafon rumah yang bisa menambah wawasan Anda.

  1. Plafon triplek

    Macam-macam plafon yang pertama adalah plafon triplek. Plafon ini dahulu sering digunakan oleh banyak orang sebelum muncul plafon gypsum. Bahan pembuatan dari plafon ini adalah kayu karo yang berukuran 4×6 meter sebagai rangka. Sedangkan jika ingin rangka yang lebih kuat bisa menggunakan kayu kado berukuran 5×7 meter. Plafon triplek menggunakan triplek berukuran 3-6 mm. Plafon triplek memang lebih kuat karena rangkanya terbuat dari bahan kayu sehingga tidak mudah jebol. Tetapi plafon triplek tidak kuat menahan rembesan air hujan yang berasal dari atap rumah.

  1. Plafon gypsum

    Macam-macam plafon yang berikutnya adalah plafon gypsum yang kini banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu rangka plafon ini terbuat dari bahan metal atau kayu yang bisa disesuaikan dengan desian rumah. Plafon dari bahan gypsum memang sangat cepat dalam proses pemasangan dan hasilnya juga rapi. Selain itu model lis plafon juga beragam sehingga bisa menambah keindahan rumah Anda.

  2. Plafon GRC

    Plafon GRC kini termasuk dalam macam-macam plafon mulai banyak dilirik karena plafon ini memiliki daya tahan yang sangat bagus baik terhadap api maupun air. Selain itu plafon ini juga lebih ringan dan luweh sehingga lebih mudah dipasang. Tetapi cukup disayangkan plafon GRC mudah retak dan tidak tahan benturan.

  3. Plafon kayu

    Plafon kayu dibuat dari bahan kayu lembaran dengan ukuran 1×9 cm yang dioven agar kadar airnya berkurang. Plafon ini sering digunakan diluar ruangan dan ditambahkan finishing menggunakan impra sehingga warna kayu plafon akan semakin menarik. Plafon kayu banyak diminati karena memiliki nilai artistik tetapi sulit dalam proses pengerjaanya.

  4. Plafon metal

    Macam-macam plafon yang terakhir yaitu palfon metal yang dibuat dari bahan lempengan metal tipis. Plafon dibuat dengan motif serta warna yang beragam sehingga akan terlihat lebih menarik. Palfon metal memiliki keunggulan lebih tahan air dan rayap tetapi harga tergolong mahal.

    Baca Juga : Berbagai Jenis Lantai Rumah Dari Yang Murah Hingga Yang Mahal

                Penjelasan mengenai macam-macam plafon yang telah dijelaskan diatas bisa menambah wawasan Anda sebelum memilih plafon untuk rumah Anda. Dalam memilih plafon sebaiknya sesuaikan dengan desain rumah Anda dan dekorasi apa yang akan Anda berikan, jika masih bingung dengan desain plafon rumah Anda simak dulu artikel berikut ini (Klik Disini) serta pertimbangkan budget Anda agar hasilnya memuaskan dan tidak menguras kantong Anda.

Sedikit saran untuk bagian kamar mandi sebaiknya menggunakan  plafon yang mengasilkan udara dingin agar dapat menambah rasa nyaman saat di gunakan dan gunakanlah pintu galvalum yang juga dapat menambah keindahan untuk mamar mandi Anda.

Leave a Reply