Tips Merawat Semua Pintu Rumah Agar Awet Yang Perlu Anda Ketahui

Tips Merawat Semua Pintu Rumah

Merawat semua pintu rumah merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar nantinya pintu rumah tersebut bisa berfungsi dengan baik. Seperti yang telah diketahui bahwa pintu rumah merupakan bagian yang penting pada sebuah rumah dan menjadi akses keluar masuk dari ruangan satu ke ruangan lainnya.

Tips Merawat Semua Pintu Rumah

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda memperhatikan tips merawat semua pintu rumah agar pintu tersebut lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Cara Mudah Merawat Semua Pintu Rumah


Saat ini berbagai desain pintu rumah hadir untuk memperindah sebuah bangunan rumah selain fungsinya sebagai penutup serta akses antar ruangan. Meskipun desain pintu tersebut bagus dan menawan tetapi jika pintu rumah tidak terawat pastinya pintu tersebut lebih mudah rusak sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Berikut ini akan dijelaskan cara mudah merawat semua pintu rumah yang perlu Anda ketahui.

  1. Merawat semua pintu rumah untuk bagian pintu utama bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan rutin dan memilih bahan kayu berkualitas untuk bahan pintu utama tersebut. Hal ini sangat penting karena letaknya sebagai pintu utama akan menjadikan pintu ini lebih mudah terkena panas, sering dipakai dan terpengaruh cuaca sehingga sangat penting dilakukan perawatan rutin.
  2. Sebagai pemilik rumah, Anda juga harus peka jika pintu mulai mengalami perubahan. Upayakan agar pintu tersebut tidak terpapar panas maupun air secara berlebihan. Selain itu lakukan pengecekan paling tidak selama 2 sampai 3 bulan sekali.
  3. Saat berada di dalam rumah, sebaiknya gunakan selot kunci lebih dari 1 agar mampu memperpanjang umur kunci pada pintu rumah Anda.
  4. Merawat semua pintu rumah bisa Anda lakukan dengan mengurangi pemasangan kastok atau hiasan yang berfungsi untuk menggantung baju di belakang pintu. Karena jika beban pintu terlalu berlebihan bisa berdampak pada kestabilan engsel yang bisa terganggu, contohnya seperti pintu kamar mandi, Anda sebaiknya gunakan gantungan baju tersendiri yang di kaitkan ketembok bukan ke pintu kamar mandi.
  5. Jika pintu rumah Anda muncul suara berderit sebaiknya tambahkan pelumas pada bagian engsel pintu tersebut. Biasanya hal tersebut bisa terjadi karena bagian engsel pintu yang kering dan membutuhkan pelumas. Akan lebih baik jika Anda rutin memberikan pelumas pada semua engsel pintu di rumah.
  6. Jangan sampai pintu rumah digunakan sebagai mainan anak-anak karena hal tersebut bisa merusak kestabilan engsel pintu tersebut.
  7. Apabila pintu menggesek lantai sebaiknya segera lakukan perombakan karena biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya presisi saat memasang pintu tersebut.
  8. Untuk pintu rumah yang dilapisi melamin, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan kain yang agak basah. Jika pintu tersebut dilapisi dengan cat silahkan dibersihkan menggunakan kain basah.
  9. Jika mulai muncul pengelupasan pada bagian cat atau lapisan pintu, sebaiknya segera lakukan pengecatan atau pelapisan ulang sebagai cara untuk mencegah kerusakan pintu, selain itu Anda juga bisa mengecat ulang pintu rumah dengan gambar agar lebih menarik,seperti tips menegcat pintu berikut ini (Kliki Disini) .

Melalui penjelasan diatas dapat diketahui bahwa tips merawat semua pintu rumah sebaiknya memang perlu Anda perhatikan. Hal tersebut sangat penting agar pintu rumah semakin awet dan tahan lama sehingga tetap bisa memperindah rumah Anda.

Leave a Reply