Tips Memilih Pintu Kamar Mandi Untuk Kamar Mandi Basah dan Kering

Bagian ruangan dalam rumah yang rentan terendam air adalah kamar mandi. Kamar mandi sendiri membutuhkan material yang awet dan tahan lama agar tidak mudah terkikis ketika sering terkena cipratan air. Untuk itulah dibutuhkan tips memilih pintu kamar mandi yang awet agar pintu kamar mandi tidak cepat rusak.

Tips Memilih Pintu Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu bagian vital di dalam rumah. Kamar mandi memiliki 2 tipe berbeda, yaitu tipe kamar mandi kering dan basah. Tipe yang berbeda ini tentu membutuhkan material, misalnya pintu, yang tepat. Lebih jelasnya berikut ini tips memilih pintu kamar mandi yang awet, baik kamar mandi basah atau kering:

Tips Memilih Pintu Kamar Mandi Basah

Kamar mandi basah merupakan jenis kamar mandi yang di dalamnya terdapat wastafel, toilet, dan berbagai elemen lain yang berada dalam satu ruangan yang sama. Kamar mandi basah ini biasanya memiliki bak atau ember yang dan juga gayung untuk mempermudah aktivitas Anda.

Berikut beberapa jenis pintu yang cocok bagi kamar mandi basah :

  1. Pintu panel kayu
    Pintu panel kayu ini berbeda dengan pintu kayu pada umumnya. Pintu panel kayu dinilai jauh lebih awet untuk digunakan di kamar mandi basah. Walaupun sering terkena cipratan air, namun pintu jenis ini tidak akan mudah terkikis dengan cepat.
  2. Pintu alumunium
    Pintu kamar mandi alumunium juga sangat tepat bagi Anda yang memiliki kamar mandi dengan tipe basah. Pintu ini juga memiliki harga yang jauh lebih murah dan juga siap pasang, sehingga tidak memakan waktu lama dalam pemasangannya.
  3. Pintu PVC atau vynil
    Jika Anda bandingkan dengan alumunium, pintu jenis pvc ini memiliki tampilan yang lebih menarik karena desain yang dimiliki bermacam-macam. Pintu jenis ini juga cocok digunakan di kamar mandi basah, sebab sifat bahannya yang anti air, sehingga jika terkena air tidak akan mudah rusak.

Tips Memilih Pintu Kamar Mandi Kering

Kamar mandi kering merupakan jenis kamar mandi yang umumnya hanya memiliki bathtub dan juga shower di dalamnya, dan tidak ada tambahan bak mandi. Jenis kamar mandi kering ini akan dapat dengan mudah Anda jumpai ketika Anda berada di hotel ataupun guest house.

Jenis pintu yang cocok bagi kamar mandi kering adalah pintu kaca. Kenapa?

Pintu kaca ini erat hubungannya dengan estetika. Rata-rata pemilik kamar mandi tipe kering memilih pintu kaca agar tampilan dalam kamar mandinya lebih menarik. Selain itu, pintu kaca ini sangat mudah dalam perawatannya dan juga tidak akan ditumbuhi jamur dengan mudah.

Pintu kaca sendiri memiliki 2 jenis, yaitu buram dan juga bening. Jika Anda menggunakan pintu kaca bening, maka di bagian dalamnya terdapat gorden sehingga aktivitas dalam kamar mandi tidak akan terlihat dari luar. Namun sebelum Anda memilih Pintu kamar mandi kaca, sebaiknya pertimbangkan juga kekurangnnya dan solusinya seperti pada artikel berikut ini (baca disini)

Nah, itulah tips memilih pintu kamar mandi yang awet dan dapat Anda jadikan alternatif pilihan dalam mendesain kamar mandi dirumah.

Leave a Reply