Tahapan-tahapan Dalam Mengecat Rumah Yang Benar Agar Lebih Awet

Tahapan dalam mengecat rumah – Rumah yang indah harus didesain dengan sedemikian rupa, tergantung dari keinginan di pemilik, tema, konsep, serta kebutuhan. Karena rumah yang kita tinggali tidak akan ada sisi nyamannya jika tidak didekorasi seindah mungkin. Salah satu yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan tahapan pengecatan rumah yang menarik.

Tahapan Dalam Mengecat Rumah

Masalah yang sering kita hadapi adalah cat yang mengelupas dan memudar. Ini akan membuat penampilan rumah menjadi kurang menarik. Padahal warna cat rumah menjadi tampilan yang paling mencolok dari sebuah rumah. Perawatan dan tahapan dalam mengecat rumah yang kurang bagus menjadi faktor utama.

Warna cat tembok ini bisa menjadi identitas dari pemiliknya, misalnya mengecat rumah dengan warna cat hijau yang menunjukkan kepribadian pemiliknya yang humble dan konsep green house.  Namun dalam melakukan pengecatan, sebisa mungkin kita memperhatikan tahapan pengecatan rumah yang benar agar cat bertahan lama. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa dikuti.

Tahapan Dalam Mengecat Rumah

  • Bersihkan tembok

    Sebagai langkah awal yang harus dilakukan sebelum mengecat rumah adalah dengan membersihkan tembok. Hal ini akan berhubungan dengan kesiapan tembok untuk ditempeli cat. Cara membersihkan tembok adalah dengan menggunakan amplas kasar yang bertujuan untuk menghilangkan pasir dan butiran semen yang belum hilang sempurna.

  • Pemilihan alat mengecat

    Tahapan kedua ini sudah masuk dalam tahapan mengecat rumah yang penting, karena kita harus memilih alat pengecatan yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah hanya akan menggunakan kuas biasa saja atau kuas rol. Penggunaan kuas rol ini lebih disarankan untuk dipakai, karena bisa membuat hasil cat lebih rata. Selain itu, kuas rol ini bisa digunakan dalam dua kali proses pengecatan.

  • Pemilihan cat tembok

    Cari cat tembok yang berkualitas dan menjamin keawetan. Jangan asal memilih, karena akan berimbas pada penampilan cat tembok yang buruk. Bahkan jika salah memilih akan membuat cat tembok gampang mengelupas. Karana itu simak dulu artikel cara memilih cat tembok berikut ini (Klik Disini).

  • Mulai pengecatan 

    Ini adalah tahapan dalam mengecat rumah yang paling sulit dan harus dilakukan dengan sabar serta telaten. Perhatikan cuaca sebelum melakukan pengecatan. Jangan melakukan pengecatan saat cuaca sedang dingin karena bisa membuat embun pada tembok. Selain itu, tembok juga akan sulit ditempeli cat karena keadaannya yang lembab. Pilih waktu mengecat di saat cuaca sedang cerah, apalagi untuk mengecat bagian luar rumah dan bagian pintu kamar mandi.

  • Lakukan pengecatan secara berulang-ulang

    Jika menginginkan kualitas cat yang awet, maka jangan hanya sekali dalam melakukan pengecatan. Terus lakukan setidaknya 2 kali pengecatan. Ini akan membuat warna cat rumah menjadi tahan lama serta membuat penampakan catnya lebih sempurna dan tebal.

Tahapan-tahapan mengecat rumah tersebut harus dilakukan dengan benar agar hasil yang diinginkan sesuai dengan keinginan. Keadaan cat memudar dan mengelupas tidak akan terjadi jika pengaplikasian dan pemilihan cat sudah dilakukan dengan benar.

Leave a Reply