Berbagai Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Yang Sering di Gunakan

Pintu kamar mandi merupakan hal urgent yang perlu diperhatikan. Meskipun keberadaannya sering tidak diperhatikan, namun sangat penting untuk menjaga privasi penggunanya. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat pintu kamar mandi. Namun, di antara banyaknya bahan tersebut, pintu dari galvalum merupakan yang terbaik. Banyak keunggulan yang dimiliki bahan ini jika digunakan sebagai bahan pintu kamar mandi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis pintu kamar mandi dan keunggulannya masing-masing.

Berbagai Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi

  1. Bahan Kayu

    Bahan kayu sering digunakan untuk membuat pintu kamar mandi. Hal ini untuk memberikan keserasian dengan pintu lain yang ada dalam rumah. Keunggulan dari bahan pintu kamar mandi ini jelas akan membuat desain interior rumah sangat nyaman dipandang mata karena serasi. Namun, kelemahannya adalah mudah sekali mengalami keropos karena berada di tempat yang lembab. Belum lagi tampilan kayu yang semakin memudar saat sering terkena air.

  1. Bahan Kaca

    Untuk beberapa rumah mewah atau hotel, sering menggunakan bahan kaca untuk pintu kamar mandi. Keunggulan dari bahan pintu kamar mandi ini adalah memberikan kesan mewah dan elegan bagi ruangan yang terdapat kamar mandi. Selain itu, kamar mandi tampak lebih luas. Namun, kelemahan dari bahan ini adalah lebih berat sehingga menyulitkan saat pemasangan. Tidak hanya itu, pintu kaca juga mudah retak jika terbentur benda keras yang tentu saja susah untuk dibenahi. Belum lagi perawatannya yang membutuhkan penanganan ekstra saat terkena jamur, jika anda kesulitan membersihkan jamur pada pintu kamar mandi kaca, kami punya sedikit tips nya (Klik Disini).

  1. Bahan PVC

    Bahan PVC cukup ringan karena menyerupai plastik. Tak heran jika pemasangan bahan PVC juga lebih mudah saat digunakan untuk pintu kamar mandi. Tidak mudah keropos dan cukup praktis juga menjadi keunggulannya. Sayangnya, bahan ini mudah sekali pecah jika terbentukr benda cukup keras. Dengan kata lain, Bahan pintu kamar mandi PVC tidak terlalu kokoh dan kurang awet.

Baca Juga Artikel Brtikut Ini :  Model Pintu Kamar Mandi Modern Yang Cocok Untuk Kamar Mandi Anda

  1. Bahan Alumunium

    Bahan pintu kamar mandi ini cukup banyak diminati masyarakat karena banyaknya keunggulan yang dimiliki. Mulai dari tahan terhadap air, hewan, dan antikeropos. Harganya pun cukup terjangkau dibanding bahan kayu yang semakin langka. Belum lagi pemasangan maupun perawatannya. Warna pintu kamar mandi alumunium juga tahan lama, tidak mudah pudar, meskipun terkena air setiap hari. Hanya saja, pengencangan pintu alumunium dengan engsel pintu hanya menggunakan paku. Akibatnya, akan engsel mudah longgar karena sering dibuka tutup dan menimbulkan suara berderit. Selain itu, pintu alumunium hanya tersedia satu warna sehingga akan tampak monoton dan membosankan.

  1. Bahan Galvalum

    Inilah bahan yang dapat menyempurnakan bahan pintu kamar mandi alumunium. Semua keunggulan bahan alumunium di atas juga dimiliki bahan pintu kamar mandi galvalum yang terbuat dari baja ringan ini. Tidak hanya itu, pintu ini juga mudah dibersihkan dan tidak akan memudarkan warna yang ditampilkan. Plusnya lagi, pintu kamar mandi dengan bahan galvalum tidak mudah bergeser meskipun digerakkan setiap hari dalam waktu lama. Belum lagi variasi warna dan bentuk yang disajikan.
    Karena bahan galvalum cukup ringan, maka banyak bentuk yang bisa dibuat untuk mempercantik tampilan pintu. Warnanya yang di sediakan oleh produsen pintu kamar mandi galvalum juga berfareatif jadi tidak akan membuat anda bosan. Warnanya pun dapat diserasikan dengan warna pintu-pintu lain di dalam rumah.

Dari beberapa jenis bahan pintu kamar mandi tersebut, kini Anda tahu bahan apa yang mempunyai keunggulan lebih. Ya, bahan galvalum lebih unggul dibandingkan bahan lain untuk pembuatan pintu kamar mandi. Tak heran jika banyak masyarakat yang beralih menggunakan bahan ini pada pintu kamar mandi mereka. Nah, jika Anda saat ini sedang berencana membuat pintu kamar mandi, pilihlah bahan galvalum.

Leave a Reply