Tips Memilih Developer Property Terbaik Untuk Membangun Rumah Anda

Memilih developer property terbaik sebelum membangun rumah bisa memberi keuntungan bagi Anda. Sebab, semakin berkembangnya zaman, developer  yang dapat Anda pilih dan temui pun semakin banyak. Tapi, masing-masing memiliki sifat yang berbeda. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa developer tersebut menipu Anda dengan janji-janji manis.

Tips Memilih Developer Property Terbaik Sebelum Membangun Rumah

Developer property

Supaya mendapatkan developer yang baik, perhatikan tips-tips di bawah ini:

  1. Pilih developer terpercaya. Saat ini bisnis properti semakin berkembang, sehingga bila Anda ingin terjun ke dalamnya usahakan untuk mendapat developer yang terpercaya. Pertama, lihat track record yang dimiliki developer property tersebut sebelum memulai kontrak atau perjanjian dengannya. Cari tahu proyek apa saja yang pernah ditangani dan bagaimana kinerjanya. Jika Anda lebih selektif, pasti akan terhindar dari developer-developer nakal di luar sana.
  2. Akan lebih aman apabila membeli rumah dari developer property yang sudah terkenal (biasanya ada embel-embel ‘Tbk’ di belakang nama PT nya). Perusahaan tersebut tidak terpengaruh oleh peraturan perbankan, sebab mereka memiliki banyak alternatif sumber dana. Dengan demikian, resiko keterlambatan pembangunan rumah bisa diminimalisir.
  3. Kerja sama dengan bank. Pilih developer property yang telah bekerja sama dengan bank, sebab status tanah, sertifikat, peruntukan lahan serta aspek lainnya biasanya sudah dievaluasi oleh bank.
  4. Legalitas lengkap. Sebagai investor, Anda mempunyai hak untuk menanyakan perihal sertifikat induk rumah. Apabila sertifikat tersebut diagunkan ke bank untuk keperluan proyek, sebaiknya Anda meminta developer property untuk menunjukkan Akta Pemberian Hak Tanggungan dan Sertifikat Hak Tanggungan. Sangat tinggi resikonya bila legalitas lokasi rumah yang Anda beli masih berupa izin lokasi.
  5. Pembebasan lahan. Proyek pembangunan rumah bisa gagal apabila developer tidak dapat menyelesaikan tahap pembebasan lahan. Jika sudah demikian, uang muka yang telah dibayarkan oleh pelanggan bisa bermasalah. Jadi, apabila developer property hanya memiliki izin lokasi, sebaiknya minta uang muka yang terlanjur Anda setorkan, walaupun telah dipotong biaya administrasi.
  6. Komitmen developer. Umumnya, developer property menjanjikan berbagai fasilitas ketika mempromosikan sebuah perumahan, mulai dari fasilitas rumah tersebut hingga fasilitas umum. Namun, terkadang developer property tidak membangun fasilitas-fasilitas tersebut untuk menekan biaya. Supaya mendapat kejelasan, sebaiknya Anda mengonfirmasi hal itu kepada developer.

Selain itu, buat perjanjian mengenai ketepatan waktu penyerahan serta kualitas bangunan setelah membayar uang muka.

Baca Juga : Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Rumah Minimalis

Developer merupakan perusahaan yang membangun serta merancang sebuah permumahan mulai dari tahap perencanaan sampai pembangunan yang meliputi segala hal dari pemilihan bahan seperti batu bata,cat,pintu kamar mandi,hingga pasir sampai dengan taham pemasaran di lakukan opeh perusahaan developer . Dalam memilih developer property terbaik sebelum membangun rumah, sebagai investor atau pelanggan Anda harus mengetahui perencanaan developer tersebut, mulai dari desain, penataan ruang hingga promosi.

Tanyakan beberapa hal penting untuk meyakinkan diri Anda terhadap bisnis yang akan dimulai bersama developer tersebut. Promosi juga menjadi hal yang cukup penting, karena bila dirancang dengan baik Anda dapat melakukan perhitungan dengan cepat mengenai keuntungan yang didapat.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan bila Anda bergabung dengan developer property yang terpercaya. Selain itu, dapat meminimalisir kerugian yang didapatkan dalam berbisnis apabila Anda memilih developer terbaik sebelum membangun rumah.

itu tadi sedikit tips tentang memilih developer property yang tepat agar anda tidak mengalami kerugian naninya, tetapi jika anda ingin memulai menjadi developer mungkin anda bisa baca dulu artikel berikut (Baca Disini)

Leave a Reply