Jangan Lakukan Ini Saat Mendesain Kamar Mandi Kecil!

    Memiliki hunian kecil, berarti kita juga harus siap dengan kondisi kamar mandi yang kecil. Meski begitu memiliki kamar mandi kecil bukanlah hal yang menyusahkan asal kita bisa mensiasatinya dengan mendesain kamar mandi kecil tersebut.

    Perlu diketahui, kesulitan tersendiri dalam mendesain kamar mandi kecil yakni ketika kita hendak mengakomodir akomodasi perangkat didalamnya. Sebagaimana kita ketahui, kamar mandi merupakan sebuah ruangan yang memiliki karakter yang harus dapat mengakomodasi banyak hal mulai dari pencahayaan, udara, saluran air, sanitasi dan juga estetika interiornya.

Kesalahan dalam mendesain kamar mandi kecil

    Kesalahan dalam mendesain kamar mandi kecil bisa membuat kita merasa kurang nyaman berada di tempat ini. Untuk itu sebelum merencanakan desain kamar mandimu, baca dulu beberapa hal yang harus dihindari ketika mendesain kamar mandi yang ukurannya kecil.

  1. Menyatukan dua area, basah dan kering
    Area dalam kamar mandi dibedakan jadi 2, area basah untuk mandi dan area kering untuk menggosok gigi atau buang air. Kamar mandi kecil yang menyatukan dua tempat ini beresiko meningkatkan kecelakaan terpeleset atau jatuh, serta mudah mengundang bakteri baik itu bakteri penyakit atau bakteri perusak dinding dan lantai.
  2. Membagi area basah dan kering dengan penyekat
    Menggunakan penyekat memang disarankan, namun hindari penggunaan sekat semisal dinding. Memberikan dinding membuatnya terasa penuh. Berikan penyekat berupa partisi ruangan semisal partisi kaca. Agar tidak licin pilihlah yang bertekstur kasar.
  3. Menggunakan wallpaper, kayu atau batu alam untuk pelapis
    Penggunaan pelapis seperti kayu, batu alam dan juga wallpaper disebut kurang pas untuk desain kamar mandi ukuran kecil. Pilihlah bahan yang lebih tahan air karena nantinya ruangan ini akan sangat lembab. Anda bisa menggunakan material seperti dinding gypsum, atau keramik.
  4. Memenuhi kamar mandi dengan beragam dekorasi
    Dekorasi kamar mandi yang berlebihan pada kamar mandi kecil akan menimbulkan kesan sumpek dan tak nyaman. Jadi minimalkan. Sebagai gantinya, Anda bisa menempatkan sebuah pot tanaman dipojok kamar mandi. Pot tanaman hias ini bisa menambahkan atmosfer yang nyaman di dalam kamar mandi.
  5. Memasukkan perangkat elektronik
    Desain yang kecil dari kamar mandi ini juga membuat kita pintar dalam mensiasati kebutuhan penerangan. Ya, kondisi yang lembab akan membuat perangkat elektronik menjadi berbahaya. Untuk meminimalisir bahaya, Anda bisa mengatur permukaan stop kontak agar ditutup dengan lapisan khusus yang anti air. Sedangkan untuk penerangannya pilihlah lampu yang anti embun atau anti air.
  6. Melupakan lubang udara
    Bukaan pada kamar mandi seringkali terlupa. Padahal ini sangat penting untuk melancarkan sirkulasi udara. Anda bisa mensiasatinya dengan memasang jendela kaca diatas plafon dan memberi sedikit ventilasi. Bukaan semisal jendela ini juga bisa digunakan sebagai sarana menikmati view ketika Anda tengah berelaksasi di kamar mandi. Anda juga bisa memberikan ventilasi pada pintu kamar mandi.

    Itulah beberapa hal yang perlu dihindari ketika kita mendesain kamar mandi kecil. Selain hal diatas, untuk masalah warna, hindari memberikan begitu banyak warna untuk kamar mandi Anda. Minimalkan penggunaan kombinasi warna dan gunakan warna cerah untuk kesan yang luas dan bersih.

Leave a Reply