Hal Yang Diperhatikan Saat Membuat Kamar Mandi Agar Terlihat Nyaman

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat kamar mandi, beberapa di antaranya adalah ukuran, pencahayaan dan perabotan. Kamar mandi sendiri merupakan sebuah ruangan yang sangat penting dalam sebuah rumah. Untuk menjaga kesehatan penghuninya, kamar mandi harus dibuat dengan baik. Apabila sistem sanitasi yang berpusat di kamar mandi dalam keadaan baik, penghuni juga akan merasa betah.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Kamar Mandi

Membuat Kamar Mandi

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat kamar mandi:

1. Ukuran kamar mandi

Sesuaikan ukuran kamar mandi yang akan dibuat dengan luas lahan Anda. Selain itu, fungsi kamar mandi bisa menjadi patokan untuk menentukan seberapa luas ukurannya. Apabila Anda menginginkan kamar mandi yang dilengkapi bathtub dan tempat berdandan, tentu ukurnanya harus lebih besar.

2. Tipe kamar mandi

Terdapat dua tipe kamar mandi yang mutlak digunakan, yakni basah dan kering. Di antara keduanya, kamar mandi berlantai basah masih sangat populer di negara kita. Sebaiknya, kombinasikan kamar mandi basah dan kering saat membangun kamar mandi, namun beri pembatas, seperti fiber glass pada lantai kering agar tidak terkena air sama sekali. Selain itu, bisa juga dengan membuat bagian yang basah lebih rendah dibanding lantai kering.

3. Usahakan sinar matahari bisa masuk ke kamar mandi

Selain untuk menghemat listrik dan lampu di siang hari, sinar matahari berfungsi sebagai pencegah berkembangnya kuman dan jamur yang ditimbulkan oleh keadaan kamar mandi yang lembab.

Baca Juga :  Pintu Kamar Mandi: Pilih, Rawat, Hindari Kesalahan!

4. Sirkulasi udara

Untuk mencegah kamar mandi berbau tidak sedap, Anda perlu membuat sirkulasi udara di bagian atas kamar mandi atau di bawah pintu. Bila tidak memungkinkan, lengkapi kamar mandi dengan exhaust fan.

5. Peletakan perabotan

Meskipun kelihatannya simpel, jika tidak diperhatikan bisa membuat kamar mandi tidak beraturan. Hal yang paling sederhana adalah menempatkan wastafel di depan kamar mandi supaya ketika hendak mencuci tangan tidak perlu masuk ke area yang basah, selain itu jika kamar mandi Anda kecil gunakanlah pintu kamar mandi geser agar menghemat tempat.

6. Kamar Mandi Anak

Membuat Kamar Mandi Untuk Anak

Bukan hanya rumah yang memiliki beragam desain, kamar mandi pun juga. Ada kamar mandi minimalis, kamar mandi di bawah tangga, kamar mandi mewah hingga kamar mandi minimalis untuk anak. Sebagian besar rumah saat ini masih menggunakan sistem kamar mandi yang jadi satu antara untuk dewasa dan anak-anak.

Sebetulnya, ini bukan masalah besar, apalagi dengan penggabungan tersebut Anda bisa menghemat ruangan. Terutama untuk rumah yang berukuran minimalis. Namun, apabila keduanya dipisahkan akan lebih bagus dan membuat Anda maupun anak-anak leluasa ketika mandi.

Jika ingin membangun kamar mandi khusus anak, perhatikan pemilihan warna cat dan motif yang disukai mereka. Pertimbangkan untuk memasang keramik lantai yang tidak licin supaya tidak terpeleset. Buat kamar mandi minimalis agar mereka tidak banyak gerak, sehingga lebih aman jika digunakan. Untuk detailnya lihat tips membuat kamar mandi anak berikut ini (Klik Disini)

Kamar mandi yang buruk, baik dalam hal kebersihan maupun peletakan perabotan dan elemen pendukung lainnya tidak hanya membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman, tapi juga membuat tamu yang ingin menumpang ke kamar mandi merasa terganggu. Agar tidak merasa malu, Anda harus mengetahui hal hal yang perlu diperhatikan saat membuat kamar mandi.

Baca Juga :  3 Tips Penting Memilih Desain Pintu Kamar Mandi yang Menarik

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di https://pintukamarmandi.com/

No Responses to “Hal Yang Diperhatikan Saat Membuat Kamar Mandi Agar Terlihat Nyaman”

Leave a Reply