Tips Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Aturan Pemerintah, Patut Diperhatikan!

Ingin renovasi rumah subsidi agar tampil berbeda dan lebih mewah? Atau, ingin renovasi karena bentuknya yang tidak sesuai keinginan? Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Rumah subsidi merupakan salah satu program pemerintah yang berasal dari PUPR. Program ini mewujudkan keinginan orang berpenghasilan rendah untuk mendapatkan rumah dengan harga terjangkau.

Lantas, bagaimana cara merenovasi rumah sesuai ketentuan pemerintah? Agar tidak salah langkah, langsung simak pembahasan lengkapnya disini!

5 Tips Yang Perlu Diperhatikan Saat Merenovasi Rumah Subsidi

Berikut 5 tips agar tidak salah langkah saat renovasi rumah subsidi :

Lakukan renovasi secara bertahap

Batas waktu yang diberikan untuk renovasi rumah subsidi yaitu 5 tahun. Dalam jangka waktu 5 tahun, pemilik dilarang mengubah dan merenovasi bagian depan rumah. Dengan sedikit perubahan kecil, tidak akan terlihat secara langsung.

Dengan menerapkan metode ini, Anda bisa menghemat budget yang dikeluarkan tidak langsung habis.

Perhatikan luas tanah

Sesuai aturan pemerintah, rumah subsidi tidak boleh memiliki luas lebih dari 200 m². Jadi, Anda harus memperhatikan ukuran tanah jika ingin memperluas ubin rumah.

Jangan sampai dibongkar habis

Tips selanjutnya yaitu dilarang merobohkan bangunan yang sudah di bangun dari awal. Hal ini sangat dilarang karena rumah subsidi diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu.

Jika Anda membongkar rumah sampai habis, Anda akan dikenakan sanksi yang telah ditetapkan.

Gunakan material bekas

Agar lebih hemat, gunakan material bekas atau barang diskon dengan harga murah. Gunakan material daur ulang dari barang yang sudah tidak terpakai di rumah.

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Ciri-Ciri Furniture Kayu Jati Asli Berkualitas

Konsep rumah subsidi minimalis

Konsep ini bisa diterapkan untuk Anda yang memiliki budget terbatas untuk melakukan renovasi. Caranya mudah sekali, jangan terlalu banyak menggunakan sekat dinding dalam rumah. Hal ini bertujuan supaya rumah terlihat lebih luas.

Itulah tadi beberapa tips renovasi rumah subsidi sesuai aturan pemerintah. Pastikan Anda mematuhi peraturan agar tidak dikenakan sanksi dari pemerintah.

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di pintukamarmandi.com

Leave a Reply