Perbedaan Pintu Aluminium Dan Galvalum. Mana yang Cocok Untuk Kamar Mandi Anda?

Pintu kamar mandi rumah biasanya cepat rusak, karena sering terkena air. Cipratan air dari dalam kamar mandi membuat pintu mudah lapuk jika bahannya terbuat dari kayu. Hindari penggunaan pintu kamar mandi yang kurang awet, gunakan bahan pintu lainnya seperti aluminium atau galvalum. Terdapat perbedaan pintu aluminium dan galvalum, adanya perbedaan tersebut membuat Anda lebih mudah dalam memilih bahan pintu yang mana.

Perbedaan Pintu Aluminium dan Galvalum

                Sebelum menentukan pilihan pintu kamar mandi, sebaiknya mengetahui kelebihan serta kekurangan dari masing-masing pintu. Sebenarnya terdapat banyak jenis pilihan yang dapat digunakan untuk pintu kamar mandi.  Adapun bahan tersebut yaitu PVC/vinyl, pintu kaca, aluminium, dan galvalum. Namun, kali disini Kita hanya membahas perbedaan pintu aluminium dan galvalum.

                Pintu kamar mandi aluminium sering digunakan di rumah, sekolah, kantor dan lainnya. Bahan alumium sangat kuat. Pintu ini tahan terhadap rayap, korosi, dan air. Bahan aluminium yang digunakan pada pintu kamar mandi lebih tebal sehingga ketahanannya lebih lama. Bahkan lebih awet dibandingkan dengan pintu kamar mandi PVC.

                Pintu aluminium memiliki kelebihan, diantaranya yaitu bobot ringan, desainnya bagus, modelnya dapat dikombinasikan dengan bahan kaca, perawatannya mudah, warnanya tetap, dan harganya terjangkau. Meskipun kelebihannya banyak, pintu aluminium ternyata memiliki kekurangan yaitu kerap terjadi adanya perubahan presisi. Perubahan diakibatkan oleh gerakan pintu yang terjadi secara terus menerus.

                Kekurangan pintu aluminium lainnya yaitu pengencangan engsel pintu hanya menggunakan paku sepi. Bila paku sepi berubah kedudukannya maka dapat menyebabkan keausan. Hal ini bisa mengakibatkan pintu menjadi goyang dan longgar. Pintu aluminium hanya tersedia dengan warna terbatas, sehingga nilai estetikanya kurang. Variasi modelnya juga kurang banyak.

                Selanjutnya pintu kamar mandi Galvalum, bahan galvalum saat ini makin marak digunakan oleh masyarakat karena keunggulannya. Adapun keunggulan pintu kamar mandi galvalum yaitu bahannya ringan, tahan air, anti korosi, harganya terjangkau, bahan galvalum tidak mengalami penyusutan, perawatannya mudah, model terbaru, warna yang ditawarkan beragam dan mudah dibentuk.

                Keunggulan pintu galvalum cukup banyak tetapi, pintu ini juga memiliki kekurangan yaitu engselnya mudah lepas jika tidak digunakan secara hati-hati, berbunyi saat pintunya dibuka maupun ditutup (penggunaan yang lama), dan warnanya cat pintu mudah pudar.

                Nah itulah perbedaan pintu aluminium dan galvalum yang harus diketahui. Anda telah mengetahui perbedaan pintu yang mencakup kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, sekarang Anda lebih mudah memutuskan untuk membeli pintu kamar mandi yang terbaik. Untuk penilaian Kami saat ini, diantara kedua jenis pintu kamar mandi tersebut yang terbaik adalah pintu galvalum karena memiliki kelebihan lebih unggul dibandingkan pintu aluminium.

Leave a Reply