Gaya Hidup Minimalis : Pengertian, Manfaat, dan 5 Tips Menerapkannya

Hidup minimalis menjadi tren gaya hidup beberapa tahun terakhir. Tren gaya hidup minimalis memang bukanlah hal yang baru. Bagi orang awam pasti bertanya-tanya dengan gaya hidup yang satu ini. Namun, sebelum menjadi gaya hidup, minimalis dikenal dalam interior dan konsep penataan ruangan.

Gaya hidup ini mengusung konsep kesederhanaan untuk mengurangi hal-hal yang berlebihan dalam hidup. Bagaimana, tertarik menggunakan konsep dan gaya hidup satu ini? Yuk, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini!

Apa itu gaya hidup minimalis?

Gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang menekankan kesederhanaan. dengan tujuan utama agar berfokus pada hal-hal yang penting. Tujuannya yaitu untuk meminimalkan gangguan agar tidak melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Gaya hidup minimalis mempunyai sifat personal. Artinya setiap orang yang menjalankan mempunyai penerapan dan pola pikir yang berbeda.

Apa saja manfaat gaya hidup ini?

Gaya hidup minimalis membawa berbagai manfaat yang berkualitas untuk kehidupan. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat gaya hidup minimalis yaitu :

1. Keuangan lebih teratur

Dengan membatasi pengeluaran, kamu dapat menghemat uang untuk kebutuhan yang lain. Kamu juga dapat menentukan prioritas dan menghindari kebiasaan membeli barang yang kurang dibutuhkan.

2. Hemat waktu dan energi

Waktu dan energi kamu akan lebih bermanfaat untuk melakukan produktivitas yang lebih bermanfaat. Mengapa demikian? Karena kamu tidak perlu meluangkan waktu untuk merapikan barang yang tidak layak guna. Justru kamu dapat menggunakan waktumu bersama keluarga maupun istirahat.

Baca Juga :  Cara Mudah Menjaga Kebersihan Toilet Kamar Mandi

3. Menambah kegiatan untuk hal positif

Gaya hidup ini dapat menambah kegiatan untuk memberikan hal-hal yang positif. Misalnya, kamu akan lebih sering berolahraga, membaca, dan meningkatkan kualitas hidup.

4. Berkesempatan untuk berbagi pada sesama

Saat kamu merapikan barang, pasti akan menemukan beberapa barang yang masih layak digunakan. Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan. Kamu bisa menyumbangkan barang yang masih layak kepada orang yang membutuhkan.

5. Mengurangi stress

Memiliki terlalu banyak barang mewah mengakibatkan kecemasan berlebih. Misalnya, jaman sekarang iPhone sudah menjadi barang mewah yang wajib dimiliki setiap orang. Oleh karena itu, kamu mempunyai kekhawatiran lebih terhadap barang tersebut. Misalnya jatuh, hilang, bahkan dicuri.

Dengan menerapkan gaya hidup ini, kamu tidak perlu merasa cemas dan iri dengan orang lain.

Tips memulai dan menerapkan gaya hidup minimalis

Berikut tips untuk memulai dan menerapkan gaya hidup minimalis yaitu sebagai berikut :

1. Pilah barang yang sudah tidak digunakan

Decluttering merupakan kegiatan merapikan barang yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa memilih barang mana saja yang masih bisa digunakan. Barang yang masih bisa digunakan dapat kamu simpan dengan baik. Sebaliknya, untuk barang yang sudah rusak, bisa kamu buang.

2. Rapikan rumah secara rutin

Untuk menjaga barang supaya terawat dengan baik, kamu bisa merapikan barang secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan barang yang tidak penting.

3. Belanja sesuai kebutuhan

Selain belanja sesuai kebutuhan, kamu harus pintar memilih barang fungsional. Terkadang, kita tergiur dengan diskon dan barang terbaru. Nah, kebiasaan tersebut harus kamu hindari agar tidak menambah banyak barang di rumah.

Baca Juga :  6 Motif Keramik Dinding Teras : Estetik & Minimalis

4. Atur isi lemari pakaian

Mengatur isi lemari mungkin menjadi solusi yang tepat agar barang tertata dengan rapi. Selain itu, kamu juga bisa memilah pakaian yang sudah jarang kamu gunakan. Dengan begitu, tidak akan ada banyak tumpukan pakaian di dalam lemari.

5. Terapkan prinsip mengganti, bukan menambah

Siapa nih yang sering banget kayak gini? Biar nggak semakin menumpuk, utamakan ganti barang yang sudah rusak dengan yang baru. Hindari membeli barang yang masih bisa kita gunakan di rumah.

Gimana, kalian tertarik dengan gaya hidup satu ini? Atau, malah sudah menerapkan gaya hidup satu ini? Dengan hidup sederhana, kamu tidak akan merasakan khawatir dan cemas berlebihan. Justru, kamu akan hidup dengan penuh kebahagiaan dan ketentraman.

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di pintukamarmandi.com

Leave a Reply